Home » » Cara Mengatasi Derek Liar di Jalan Tol

Cara Mengatasi Derek Liar di Jalan Tol

Written By Unknown on Rabu, 05 Juni 2013 | 18.09

Derek liar memang sangat meresahkan, sepak terjangnya selama ini sudah banyak membuat pengguna jalan tol menjadi was-was. Pernah juga ada kejadian ketika sorang pengguna berhenti di pinggir jalan tol sesaat namun tiba-tiba datang sebuah derek liar, tanpa basi-basi derek liar tersebut tiba-tiba hendak membawa mobil tersebut padahal mobil tersebut tidak mogok dan mesin pun masih menyala.


Namun anda tidak perlu khawatir, pertama-tama yang perlu anda lakukan ketika kendaraan anda mogok di jalan tol adalah segera menghubungi no telpon derek resmi di (021) 80880123. Anda juga dapat menghubungi no alternatif derek resmi berikut ini

PT.Jasa Marga untuk derek resmi yaitu:
  • Cabang Jakarta – Cikampek. telp (021) 8226666
  • Cabang Jagorawi. telp (021) 9177777
  • Cabang Jakarta – Tangerang. telp (021) 9199999
  • Cabang Cawang – Tomang – Cengkareng. telp (021) 8011735
  • Cabang Surabaya – Gempol. (031) 5672008
  • Cabang Semarang. telp (024) 7607777
  • Cabang Purbaleunyi. telp (022) 2021666
Investor Jalan tol yang juga telah memberlakukan derek Gratis :
  • PT Citra Marga Nushala Persada. telp (021) 6518350
  • PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. telp (021) 9201111
Namun jika selama menunggu derek resmi datang tetapi tiba-tiba terlebih dahulu datang derek liar maka hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi derek liar tersebut adalah:

1. Segera Lapor ke Polisi

Jika mobil anda tiba-tiba saja telah dibawa oleh derek liar, anda harus tetap tenang agar pikiran tetap jernih dan tidak kalut. Anda bisa menghubungi polisi melalui telpon 112, 110 atau SMS 1717. (nomor alternatif, bisa anda lihat di http://www.metro.polri.go.id/no-telp-penting) Caranya:
- Memberikan identitas nama dan nomor handphone karena hal tersebut akan memudahkan petugas menghubungi anda kembali apabila telepon anda terputus karena gangguan sinyal maupun pulsa anda tidak mencukupi.
- Tetap tenang dalam memberikan informasi.
- Memberikan keterangan yang sejelas-jelasnya kepada Petugas mengenai lokasi kejadian.
- Catat nama petugas yang menerima telepon anda.

2. Teriak pada Petugas Patroli
Jika petugas patroli melintas pada saat mobil anda akan dan telah diderek oleh sang derek liar, anda dapat berteriak sekencang-kencangnya agar si petugas mendengar dan dapat membantu anda.

3. Ngotot Kepada Derek Liar
Pada saat mobil anda ingin di derek oleh derek liar, anda harus menolak dengan keras jika anda tidak ingin diderek oleh derek tersebut. Jika mereka ngotot anda tidak perlu takut, jika perlu anda ajak berkelahi. Tips no.3 ini hanya untuk anda yang pandai berkelahi ya.. namun tidak ada salahnya juga walaupun anda tidak pandai berkelahi namun anda hajar mereka satu persatu :D.

4. Tetap Tenang dan Pasang Rem Tangan.
Salah satu yang pertama-tama harus anda lakukan saat mobil anda mogok selain menghubungi kontak derek resmi adalah pasang rem tangan dan keluar dari dalam mobil serta jangan lupa kunci pintu mobil.

Selain itu anda juga harus mengenali seperti apa kendaraan derek resmi. Pada derek resmi terdapat tulisan “Derek Resmi PT Jasa Marga/Investor” dan “Gratis Sampai Bengkel Terdekat” disamping bak kiri dan kanan kendaraan. Logo PT Jasa Marga/Investor di letakkan di pintu kanan dan kiri, juga pada kaca depan bagian atas. Kode wilayah operasi dan nomor urut kendaraan derek di letakan di pintu kanan dan kiri. Serta Nomor Telepon pengaduan di tulis di bawah tulisan “Gratis”.Dibawah ini contoh kendaraan derek resmi.


Jangan sampai nantinya ada derek liar tapi anda kira derek resmi dan anda baru sadar setelah anda diperas membayar biaya derek.

Mudah-mudah tips mengatasi derek liar diatas dapat membantu anda mengatasi masalah yang timbul ketika kendaraan anda mogok di jalan tol.
Share this article :

6 komentar:

  1. share gan.. yang mau sewa mobil Hiace di kota cirebon.. mampir di blog kami;
    http://cirebonrenthiace.blogspot.com/ dan http://sewarentalmobilcirebon.weebly.com/ dan http://sewamobilcirebon123.blogspot.com/ thanks gan..

    BalasHapus
  2. nive gan . jgn lupa kunjungi
    http://imamain.blogspot.co.id/2017/02/wonderfull-journey-amazing-expreience.html?m=1

    BalasHapus
  3. Thx utk infonya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/tips-agar-ban-sepeda-tidak-cepat-kempes/

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. Informasi Otomotif Mobil - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger